Peraturan Baris Berbaris Drill Commands

Saya tergelitik dengan translation tool yang menterjemahkan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris secara harafiah.  Di satu postingan media sosial, saya melihat foto seseorang berdiri sikap sigap tegak berdiri dengan caption “siap gerak”. Kemudian di bawahnya terlihat ada terjemahan dalam bahasa Inggris yang muncul secara otomatis dari robot si sosial media. Tertulis “ready to move”

Postingan inilah yang menarik saya untuk menulis tentang terminologi Peraturan Baris Berbaris dalam pakem baku bahasa Inggris.

Pasti kita semua tahu, bahwa Translation Interpretation harus akurat untuk konsumsi publik. Kita diminta untuk mampu menyampaikan terjemahan sesuai terminologi bahasa yang umum dipergunakan kata per kata untuk komunikasi yang tepat guna. Menghindari deviasi arti dari suatu pesan yang disampaikan.

Kemudian, di dalam industri hospitality, Anda dan saya dituntut untuk berpengetahuan yang sangat luas. Tujuan dari menguasai pengetahuan umum adalah untuk mampu berkomunikasi dengan semua orang dalam lingkungan pekerjaan. Modal berbahasa yang baik dan benar sangat berguna terutama untuk kita yang melakukan pekerjaan customer service dan sales & marketing.

Baiklah mari kita menghafalkan Peraturan Baris Berbaris = Drill Commands yang dipakai di semua negara yang menggunakan bahasa Inggris.

  1. Siap Gerak = Attenttion
  2. Maju Jalan = Forward, March
  3. Jalan di Tempat = Mark Time, March
  4. Berhenti = Halt (Biasanya komando ini disertai dengan aba-aba squad atau platon di awalnya.  Jadi pemberi komando akan memberikan aba-aba seperti squad, halt atau platon, halt.)
  5. Istirahat di Tempat = At Ease
  6. Buka Formasi/Barisan = Open Rank
  7. Masuk Barisan (membuat formasi) = Fall-In
  8. Tutup Formasi/Barisan = Close Rank
  9. Bubar Barisan (bubar sementara) = Fall-Out
  10. Balik Kanan = About Face/About Right
  11. Hadap Kanan = Right Face/Right Turn
  12. Hadap Kiri = Left Face/Left Turn
  13. Bubar Jalan = Dismissed

Demikianlah beberapa terminologi Peraturan Baris Berbaris (PBB) atau Drill Commands. Sangat berbeda apabila diterjemahkan kata per kata menggunakan transtool.

 Semoga informasi ini bermanfaat dan meningkatkan kemampuan kita dalam berkomunikasi dengan menggunakan vocabulary  lingusitik yang tepat!

Bali, 1 Desember 2020

Jeffrey Wibisono V. @namakubrandku

Hospitality Consultant Indonesia in Bali –  Telu Learning Consulting – Commercial Writer – Copywriter – Jasa Konsultan Hotel

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *